Peran Sosial Individu Dalam Internet
Setiap teknologi baru, hampir
selalu ada periode terkait re-ogranisasi sosial dan kultur dan refleksi, dan
kadang-kadang bahkan kecemasan dan konflik. Banyak
mitos populer tentang teknologi baru dapat menjadi ekstrim, cenderung
membesar-besarkan dampak negatif atau positif mereka percaya bahwa teknologi
akan memiliki pada masyarakat, interaksi sosial, dan psikologis individu.
Setiap peran sosial adalah serangkaian hak,
kewajiban, harapan, norma, dan perilaku seseorang yang harus dihadapi dan
dipenuhi. Model ini didasarkan pada pengamatan bahwa orang-orang bertindak
dengan cara yang dapat diprediksikan, dan bahwa kelakuan seseorang bergantung
pada konteksnya, berdasarkan posisi sosial dan faktor-faktor lain. Sosial individu sangat berperan
dalam internet. Peran sosial individu dalam penggunaan internet (berinteraksi
melalui internet) adalah dengan mengeluarkan pendapat di forum-forum online.
Hal tersebut akan mendorong seorang netters untuk prososial. Mereka akan lebih bisa
bersosialisasi dalam kehidupan nyata jika bisa berinteraksi dengan orang lain
di internet. Meskipun biasanya yang aktif di dunia maya cenderung pasif di
kehidupan nyata, namun berkat peran sosial dalam internet, maka orang yang
tadinya pasif bisa menjadi aktif di dunia maya dan kehidupan nyata. Perilaku prososial mencakup kategori yang
lebih luas yaitu meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau
direncanakan untuk menolong dan bermanfaat bagi orang lain, tanpa memperdulikan
motif-motif si penolong. Determinisme teknologi karena melihat teknologi
sebagai besar 'penggerak dan pengocok' balik transformasi sosial yang besar
pada tingkat intuisi, interaksi sosial dan kognisi individu.
Prososial : perilaku yang menguntungkan bagi
penerima tetapi tidak memiliki keuntungan untuk pelakunya. pengertian perilaku prososial mencakup
tindakan-tindakan: sharing (membagi), cooperative (kerjasama), helping
(menolong), honesty(kejujuran), serta mempertimbangkan hak dan kesejahteraan
orang lain. Contonya perilaku prososial meliputi segala bentuk tindakan yang
dilakukan atau direncanakan untuk menolong, tanpa memperhatikan motif
penolongnya. Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu
meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong
orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong.
Dampak
negative dalam penggunaan internet
- Perilaku
Antisosial
Sering dipandang sebagai sikap dan perilaku yang tidak
mempertimbangkan penilaian dan keberadaan orang lain ataupun masyarakat secara
umum di sekitarnya. Suatu tindakan antisosial termasuk dalam tindakan sosial
yang berorientasi pada keberadaan orang lain atau ditujukan kepada orang lain,
meskipun tindakan-tindakan tersebut memiliki makna subyektif bagi orang-orang
yang melakukannya. Tindakan-tindakan antisosial ini sering mendatangkan
kerugian bagi masyarakat luas, dalam hal penggunaan internet di zaman sekarang
ini yang membuat sesorang menjadi anti sosial beberapa diantaranya daalah
permainan dan media social.
Contoh : mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau
perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam
komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela
kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan komputer
banyak memberikan bumbu-bumbu kekerasan didalamnya.
- Pornografi
Anggapan yang menyebutkan bahwa internet identik dengan
pornografi, itu tidak salah. Dengan kekuatan untuk berikan informasi yang
dimiliki internet, pornografi merajalela. Untuk mengantisipasi semua itu,
‘browser’ produsen merampungkan program mereka dengan kekuatan untuk memilih
type home page yang bisa ditemukan photo secara online. di pornografi serta
kekerasan dapat menyebabkan dorongan pada seseorang untuk lakukan tindak
pidana.
- Gambling
Atau perjudian juga merupakan salah satu dampak negative
dari penggunaan internet. Sebenarnya, gambling sudah ada sejak jaman dahulu.
Gambling merupakan kejahatan yang muncul sebagai akibat adanya komunitas dunia
maya di internet dan memiliki karakteristiki seperti perjudian ,yang dapat
menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan komunitas gambling. Para pelaku
jenis ini biasanya digambarkan dalam bentuk orang-orang dari kelas menengah keatas
yang berpenghasilan besar. Ruang lingkup kejahatan dari gambling bersifat
global. Gambling sering dilakukan secara transnasional melintasi batas antar
Negara. Dimasa mendatang kejahatan semacam ini dapat mengganggu perekonomian si
pelaku gambling ini dan perekonomian nasional melalui jaringan infrastruktur
yang berbasis teknologi elektronik.
TABEL KINERJA
NPM
|
NAMA
|
KERJA
|
11513072
|
Anisa Febrianti Pratiwi
|
Mencari Pendahuluan
|
11513828
|
Caesar
|
Mencari Referensi Prososial
|
12513026
|
Danna Putri
|
Mencari Referensi Perilaku Anti Sosial
|
14513180
|
Ibnu Shina
|
Mencari Referensi Pornografi
|
17513306
|
Ratiningsih
|
Mencari Referensi Gambling
|
18513954
|
Tri Fani Yanuarita
|
Mencari Referensi dan Menyusun
|
Sumber :
Gackenbach. 2007. Psychology
and the Internet: Intrapersonal,Interpersonal, and transpersonal implications.
Kanada. Academic Press.
http://hanyotobagus24.wordpress.com/2013/10/03/peran-sosial-individu-dalam-internet/
Nice info :) tapi saya mau tanya, bagaimana cara kita untuk meminimalisir dampak negative penggunaan internet? thanks before
BalasHapus